Wis-uda!! Yeayy^^


Hanin, sejak masih didalem kandungan sudah belajar, ikut nge-lab, mondar mandir Palembang Indralaya dan naek turun tangga kosan. Di usia kandungan 32 w kita berdua baru istirahat total dari riwehnya jadwal laboratorium dan deadline laporan kemajuan.. Hampir tiap malem stres ditambah sakit pinggang. Hampir tiap malem drama bolak balik pipis, kaki pegel trus pake koyok. Hampir tiap pagi galau antara pingin cepet2 selesai tapi gerak terbatas. Pingin nangis. Pingin selesai sekarang juga.
Jangan anggap ini mudah. Not easy gaes! Bolak balik Lahat Palembang, Palembang Lahat naek kereta api, pesen bangku pun sekaligus 2 biar selonjoran enak dan gak ganggu penumpang laen. Tapi walau begitu masih ada saja penumpang yang egois minta bangku tukeran. Apa perlu aku tempel hasil USG di kening biar tau bahwa sedang berbadan double? Herman akutu.. Dg sangat sopan dan berhati-hati bilang "Ibu mohon maaf, sya sengaja beli 2 bangku krn sya sedang hamil.." Baru ngeh-- ya allah emak siapa itu.
*
Sehari bisa naek turun anak tangga yg jumlahnya kurleb 20 hanya untuk ambil anteran GoFood. Tak heran kalau di bulan ke 7, si Hanin sudah turun masuk panggul dan buat perut tambah abot :) Meski demikian, Hanin tetep diajari baca jurnal, ngitung rancob dan ikut diklat. Alhasil, walaupun sudah rajin makan bubur kacang ijo dan susu kedele, ketika lahir kepala hanin plontos, rambutny halus sehalus bulu ayam. Sampe sekarang yang tumbuh rambut cuma di belakang kepala. 
*
Yang aku ingat, Hanin lepas 40 hari aku sudah kembali berjibaku dengan pengerjaan tesis lagi walau hanya via email. Revisi sambil menyusui dan sambil nimang. Tiap hr aku hrs minum kopi biar bisa begadang pas Hanin tidur malem. Tidur larut dan masih harus bangun per 2 jam. Pagi nya ngantuk berat tapi si Hanin mata dan tenaganya on fire!
*
Perjuangan. Ini yg dinamakan berjuang dalam kebaikkan dan kesabaran. Rasa tidak akan selesai karena letihnya luar biasa. Kadang tidur jam 1, jam 2 bangun lagi, jam 4 bangun lagi, jam 5 sudah shalat subuh dan tidak bisa tidur lagi karena Hanin sudah asik main. Jika ada yang bilang 'anak tidur, ibu ikut tidur biar bisa istirahat', beda denganku. Anak tidur, aku cepet2 buka leptop. Entah searching, entah revisi, entah ngedit, entah ngitung, yang penting leptop hidup dan selalu mode sleep.. :') Hanin bangun, ambyarlah sudah... :D
*
Masih tidak percaya. Bulan juni masih revisi tahap 2, hanya 2x revisi dan langsung buat makalah seminar hasil. Alhasil dengan tulisan carut marut memberanikan diri mendaftar untuk semhas di bulan juli dan lanjut langsung ujian sidang tanpa revisi lagi. Luar biasa!!!!!!!!!!! Akhirnya sidang. Dan yang aku pelajari semaleman suntuk tidak keluar. Yang keluar malah apa satuan energi, rumus energi, cara menghitung kaloroi, satuan molekul, tekanan, vitamin, dll... ya mana ku tau jawaban kuliah 10 tahun yg lalu gaes. Otakku sudah terkikis krn perbandingan harga pampers di alfamart dan di indomaret.
*
Perasaan baru kemaren tidur jam 3 pagi karena begadang revisi. Yang direvisi pun sedikit demi sedikit. Tiap hari minum kopi biar mata melek. Sehari tak minum kopi, siap2 malamny ketiduran di depan laptop. Sering ketiduran di depan leptop saking ngantuk e pancen oyeeeeeeee!! Sempet kesel kapan ini berakhir kan pengen tidur cepet apa lagi kalo siang tidak sempat tidur karena hanin ngajak maen tepuk tangan... 
*
Qodarullah,
Dengan segala keterbatasan di akhir Juli 2020 semua finished. Diakhiri dengan jilid tesis dan pake almamater lagi, akhirnya di yudisium. Walaupun bingung pesen snack krn peserta cuma 2. Pake acara nyesat nyari rumah dosen krn petunjuk yang menyesatkan. Terima kasih kepada kang ojek yang dengan setia nganter ke alamat absurb (baca : suami). Alhamdulillah, kami gosong harian.
*
Walaupun ijazah masih diukir di rektorat, yang penting sudah bisa bobo nyenyak sm Hanin tanpa rasa takut karena email belom dibales dosen kayak dulu. Yang penting sudah tenang karena tidak dikejer dosen macem dikejer antu. Yang penting sudah tenang karena tidak galau mau bolbal Lahat Palembang 6 jam cuma karena pengen nemui dosen 5 menit.
*
Alhamdulillah wa syukurillah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Sampe akhirny di tahap yudisium fakultas! Walau urung buat kebaya untuk wisuda, lumayan duitny bs untuk jajan kaepsih trakter ayah ayam sepotong. Bahagialah itu.
*
With love,
Ira yang bahagia tamat magister di umur ke 28 :D
*

 

Komentar