Masih di 2023...

 Masih di tahun 2023, ini Juli, dan sudah terima SK 100% Alhamdulillah. Sudah setahun. Dijalani dengan sangat amat gado-gado. Secepet ini akhirnya.

Selama ini aku ngerti sih kenapa orang ingin kembali ke masa kecil. Kalau disuruh pilihpun aku mau kembali kemasa itu. Masa dimana masih sibuk main arang sm batu yang dibakar dibelakang rumah. Masa dimana paling serem cuma sebatas kuku panjang. Masa dimana bisa makan apapun tanpa takut diabetes dan kolesterol. Kok ngomong gitu? Cape y sama keadaan sekarang? Banget. Tapi tetep harus bersyukur.

Aku selalu berharap ada yang bisa mendengar keluh kesah aku yang watakny keras kayak batu empang ini. Maklum, anak pertama yang identik dengan didikan keras, ak bahkan belum pernah denger orang tua bilang "maaf dan terima kasih". Separah itukah? Iya. Mungkin itu juga yang membuat aku jadi anak yang tegas dan "tegar" sampe sekarang. Aku bangga aku jadi pemberani dibandingkan yang laen tapi tetep jg krn itu jadi keras kepala.

aku selalu berharap punya teman berbagi, ngobrol tanpa batas, karena memang sebenerny aku seneng ngobrol berbagi pengalaman apapun itu. Aku selalu berharap one day aku bisa dapet temen yang buat aku nyaman untuk ngadu, bukan ngadu domba atau ngadu layangan, tapi ngadu tentang hidup aku yang selama ini memang keras. aku selalu berahap suatu saat aku dapet temen yang ngerti bahwa aku yang sekeras batu ini sebenerny menyimpan banyak beban. Yang sampai saat ini cuma bs kusimpan rapat-rapat di dalam celengan ayam. 

tapi ternyata, memang susah bertemen dengan diri yang sekeras batu sungai ini. seiring dengan waktu aku sadar, memang tidak ada teman paling baik selain diri sendiri. lagi lagi dan lagi, mungkin juga terus terus dan terus apapun yang aku lewati, yang aku rasakan, yang aku harapkan, memang cuma bisa aku katakan pada bayangan diri sendiri, sama seperti dulu dulu.

aku punya cita-cita, tapi tidak ada yang tau satu orangpun didunia ini yang tau. mungkin karena saking aku tidak ada temennya ya pemirsah. ya, balik lagi ke zaman dulu, zaman SD, dimana semua perasaan kutuangkan dengan menulis. jika dulu ada diary, sekarang ada blog. bisa dibilang blog ini tempat aku membuang kata-kata sembarangan secara gratis, tanpa di protes. sebetulnya itu sama saja dengan berbicara dengan diri sendiri kan? 

rutinitas yang baru sekarang harus di syukuri sih. biar sibuk, biar gak gila, biar gak stres. walau kadang sampe rumah jadi stres lagi. hahah. kadang aku mikir panjanggggggggggggggg sepanjang benang dibadan, sudah jadi ibu layaknya sekarang ini merupakan kemajuan juga. ya Allah, demi menjaga rumah ini tegak, kadang aku rela gak makan yang penting orang dirumah ini makan, kadang aku rela menghabiskan semua pendapatan demi tabungan masa depan walaupun ada hak ku disana, kadang aku rela mengikis habis lipstik hingga tetes terakhir demi tidak jajan, aku juga rela makan siang setiap hari cuma makan lauk sepuluh ribuan yang kadang lebih banyak diberi lauk sm teman sekantor. pinggangku sering encok dan ngilu tak tertahan karena setrika baju numpuk. akupun pake shampo dikit dikit banget biar menghemat beli 3 bulan sekali. kemaren pinggang sempet ngilu sampe tulang karena terlalu banyak nunduk mandiin, nyebok, ngangkat aer minum, bangun paling pagi berangkat kantor paling telat. bahkan untuk beli baju baru atau jilbab barupun aku harus nabung paling cepet 2 bulan, tetep bersyukur walau yang dibeli kadang reject sale. sekarang badan sering pegel, masuk angin cepet, sering ngantuk berat setelah ngantor. sejompo ituuuuu...

inget, padahal dulu pas ngasuh hanin, aku berperan ganda. sendiri. memang ada ibu sm bapak. tapi itu kan beda. ternyata dulu aku sekuat itu y. belajar sampe jam 1 malam, siang ngantuk berat tapi dilarang tidur krn anak aktif, malem ngantuk tapi harus revisi ini itu termasuk kerja kantor. Ngasuh anak paling berat sih, sangat tidak bisa lengah. Ditinggal sedikit, nangis. Apalagi ditinggal banyak, gempa. kadang jg tidur jam 11 malem tergantung anak tidur jam brp, dan itu single fighter. cuma berdua dikamar main dengan hanin, sampe bosan. hal-hal seperti itu orang tidak tau, tidak pernah aku cerita betapa pada saat itu rasanya capeeeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk. Lagi-lagi dilarang ngeluh capek.

maaf ya blog, kepanjangan. sebab, akupun bingung kalau tidak disini, dimana lagi aku ngoceh. yang laen mungkin lesu untuk mendengar. aku terlalu cerewet mungkin, marah-marah terus, jutek-jutekan terus. emang paling bener itu berkisah dengan diri sendiri, berspekulasi dengan diri sendiri, bertengkar dengan diri sendiri. aku juga pun tau dirilah, mungkin keluhan-keluhan ini memang belum pantas dibagi-bagi ke orang laen, karena menurut mereka mungkin "ah gitu doang, cemen"

ya iyalah blog, kalau bukan disini ya dimana lagi. akupun tidak pernah sebelumnya cerita panjang lebar selaen disini. temenku bilang aku berbakat menulis. tapi kubilang bahwa bakat menulis ini lahir dari keterbatasan yang aku miliki. aku terbatas untuk berbagi, merepotkan orang bukan keahlianku, selagi bisa kutanggung sendiri maka akan kutelan sendiri pahit manis semuanya. karena yaaaa aku juga tau diri, aku bukan orang yang asik untuk diajak ngobrol, karena itulah aku tidak punya sahabat selain diriku sendiri.

cape gak begini, nangis selalu disudutan, kalo sudah nangis cuma bisa curhat ke diri sendiri tanpa ada timbal balik, ngomong sama dinding, ngomong sama keyboard, ngomong sama leptop. aku juga tau diri. untuk berubah menjadi orang yang ramah lingkungan, itu bukan keahlianku. suka kubilang suka, tidak kubilang tidak. dan merepotkan orang lain bukanlah prinsip hidup. lakukan sendiri selagi bisa. aku sadar aku bukan temen curhat yang asik bagi manusia, aku sadar aku bukan anak nongkrong yang gaul banyak temen, aku cuma burung hantu yang asik ngobrol sm bulan dimalem hari, sendiri :') 

aku bisa kok walau hanya ngobrol sambil ngaca :D itulah temen paling baik yang gak protes tentang aku yang katanyaa keraaaaaaaaaaaaaaaaassss banget ini. makasih lah untuk yang sudah ciptain aplikasi blogger ini. hehe. jika ada kandidat orang yang gak asik, mungkin aku masuk nominasi. keras kepala banget ya Tuhan, sebab aku pernah menjadi lembut lalu dipermainkan. aku pernah menjadi penurut lalu dipermalukan,.. hidup memang lagi lucu-lucunya.

Komentar